Karena kisi-kisi UN 2015 sama dengan kisi-kisi UN 2014 dan UN 2013, kemungkinan besar model soal yang akan keluar di Ujian Nasional 2015 Bahasa Inggris SMA/SMK/MA bulan April nanti sama dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Tapi, sebelum kita memprediksi soal yang akan keluar, mari terlebih dahulu kita bandingkan soal UN 2014 dan UN 2013 secara rinci dalam hal format, jenis teks, dan model soal.

Format Ujian Nasional

UN 2014 dan UN 2013 memiliki format yang 100% sama, yaitu terdiri dari 50 soal: 15 soal Listening dan 35 soal Reading, yang harus dikerjakan selama dua jam. Listening terbagi ke dalam empat Part:

  • Part I dan II: memahami dialog/percakapan antara dua orang dan memilih jawaban yang benar (dari lima pilihan A-E) sesuai dengan pertanyaan yang diberikan setelah percakapan.
  • Part III: memahami dialog/monolog dan kemudian memilih gambar (dari lima gambar A-E) yang paling tepat sesuai dengan isi dialog/monolog yang diperdengarkan.
  • Part IV: memahami monolog dan memilih jawaban yang benar (dari lima pilihan A-E) sesuai dengan pertanyaan yang diberikan setelah monolog.

Di sisi lain, Reading hanya memiliki satu Part, mulai nomor 16 sampai 50, di mana siswa harus menjawab pertanyaan terkait teks yang diberikan.

Jenis Teks Reading

Teks yang keluar di UN 2014 dan UN 2013 semuanya bersumber pada kisi-kisi Ujian Nasional resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan. Artinya, jenis teks yang akan keluar di UN 2015 juga pasti bersumber dari kisi-kisi, yaitu: letter/e-mail, advertisement/brochure, news item, recount, explanation, exposition, review, discussion, report, announcement/message.
Perbedaan UN 2014 dan UN 2013 terletak pada jumlah teks. UN 2013 memuat 12 teks untuk 35 pertanyaan, sementara UN 2014 memuat 14 teks untuk jumlah soal yang sama. Jadi, kalian harus benar-benar melatih kecepatan membaca kalian karena saat Ujian Nasional 2015 nanti kalian harus membaca 12-14 teks.

Model Soal Reading

Setelah menganalisa soal UN 2014 dan UN 2013, kami menyimpulkan bahwa ada empat model soal yang pasti keluar di Ujian Nasional, yaitu:

  1. Mencari ide utama (main idea) dari bacaan atau paragraf tertentu.
  2. Memahami isi bacaan (comprehension). Model soal ini adalah model yang paling sulit karena kita harus bisa memahami informasi yang ada di bacaan untuk bisa menjawab soal.
  3. Kosakata (vocabulary). Model soal yang menguji seberapa banyak koleksi kata (word bank) yang kita punya karena kita harus menentukan sinonim (padanan kata) untuk satu kata yang ada di bacaan dan memilih kata yang tepat untuk melengkapi bacaan. Tambah koleksi kosakata kalian dengan menghafal dan memahami arti 5-10 kata per minggu, atau 2 kata per hari. Tuliskan kata-kata baru tersebut di sebuah kartu (flashcard).
  4. Mengurutkan kalimat (arrange jumbled sentences). Soal ini meminta kita mengurutkan kalimat 1-6 agar menjadi sebuah paragraf yang baik, yang urut dan nyambung. Karena hanya ada 1 soal untuk model ini, kita tidak perlu pusing menerjemahkan semua kalimat. Cukup permainkan urutan yang ada di pilihan. Model soal ini tergolong mudah.

Jadi, soal seperti apa yang akan keluar nanti di Ujian Nasional 2015 Bahasa Inggris? Soal yang keluar pasti mirip dengan soal UN 2014 dan UN 2013. Jadi, cara terbaik untuk mempersiapkan diri adalah dengan latihan mengerjakan soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya.

Di kesempatan yang akan datang, kami akan membahas strategi untuk menjawab empat model soal Reading yang telah kami jelaskan di atas (main idea, comprehension, vocabulary, arrange jumbled sentences). Jika ada pertanyaan, tinggalkan komentar atau kirim e-mail ke wonosaribelajar@gmail.com.

Good luck for your study!